Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Kelas V SD Negeri Romang Rappoa Kabupaten Gowa

Mutahharah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Kelas V SD Negeri Romang Rappoa Kabupaten Gowa.

[img] Text
Artikel Mutahharah.pdf

Download (565kB)

Abstract

Mutahharah, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SD Kelas V SD Negeri Romang Rappoa Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Dr. Suarlin, S.Pd.,M.Si dan Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd). Penelitian ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemukan di SD Negeri Romang Rappoa Kabupaten Gowa yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran penerapan model pembelajaran predict, observe,explain (POE) pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Romang Rappoa Kabupaten Gowa, (2) gambaran hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Romang Rappoa Kabupaten Gowa, (3) pengaruh model pembelajaran predict, observe,explain (POE) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Romang Rappoa Kabupaten Gowa. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk quasi-eksperimental. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data antara lain lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan yaitu independet T-test. Temuan dalam penelitian ini adalah (1) gambaran model model pembelajaran predict, observe,explain (POE) pada mata pelajaran IPA yang menunjukkan berlangsung seacara efektif, (2) gambaran hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan (3) terdapat pengaruh model pembelajaran predict, observe,explain (POE) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Romang Rappoa Kabupaten Gowa. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran predict, observe,explain (POE) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Romang Rappoa Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:44
Last Modified: 04 Dec 2023 02:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34880

Actions (login required)

View Item View Item