Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V UPT SD Negeri 127 Inpres Komara I

Desy Ayu Andika Basir (2023) Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V UPT SD Negeri 127 Inpres Komara I.

[img] Text
ARTIKEL DESY AYU ANDIKA BASIR BENAR.pdf

Download (180kB)

Abstract

Desy Ayu Andika Basir. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas V UPT SD Negeri 127 Inpres Komara I. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas V UPT SD Negeri 127 Inpres Komara I. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas V UPT SD Negeri 127 Inpres Komara I Kabupaten Takalar. Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar PPKn Siswa Kelas V UPT SD Negeri 127 Inpres Komara I Kabupaten Takalar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus diawali dengan kegiatan pra tindakan kemudian pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui tingkat persentase hasil belajar siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi akhir pada setiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPT SD Negeri 127 Inpres Komara I pada tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 orang siswa terdiri dari 7 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar pada kualifikasi cukup (C) sedangkan pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil belajar tes belajar berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan proses dan hasil belajar PPKn siswa kelas V UPT SD Negeri 127 Inpres Komara I

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:30
Last Modified: 04 Dec 2023 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34879

Actions (login required)

View Item View Item