Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Pada Siswa Kelasa II SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

Nurjihan (2023) Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Pada Siswa Kelasa II SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL_NURJIHAN.pdf

Download (164kB)

Abstract

Nurjihan, 2023. Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Pada Siswa Kelasa II SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rahmawati Patta dan Abdul Rahman). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media kartu kata untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar pada siswa kelas II SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar?. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur dan desain penelitian menggunakan model Kemmis dan MC Taggart meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setting penelitian meliputi subyek guru dan 26 siswa Kelas II SD Negeri Tidung Kecapamatan Rappocini Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes lisan/ unjuk kerja. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan memperbaiki proses atau meningkatkan praktik pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I hasil observasi aktivitas mengajar guru pada kategori baik (B) dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup (C) dengan tes lisan/ unjuk kerja siswa berada pada kategori cukup (C), sedangkan pada siklus II hasil observasi aktivitas mengajar guru pada kategori baik (B) dengan hasil observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik (B) dengan hasil tes lisan/ unjuk kerja siswa berada pada kategori baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan proses dan hasil belajar membaca lancar pada siswa kelas II SD Negeri Tidung Kecamatan Rappocini Kota Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:25
Last Modified: 04 Dec 2023 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34878

Actions (login required)

View Item View Item