Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Mawang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa.

Wiwing Arwisandi (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Mawang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (698kB)

Abstract

Wiwing Arwisandi, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Inpres Mawang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rahmawati Patta dan Abdul Rahman). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran team games tournament (TGT) dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Mawang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Mawang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa?. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes evaluasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersifat kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT), dapat meningkatkan hasil belajar IPA yang dilihat dari perkembangan hasil tes aktvitas belajar siswa pada siklus I mencapai 62,5% atau kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan 18,75% menjadi 81,25% berada pada kategori baik. Sehingga hasil belajar siswa mencapai KKM pada pembelajaran IPA. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah tercapainya kriteria ketuntasan minimal (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai 70 pada pembelajaran IPA. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Inpres Mawang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2023 03:18
Last Modified: 01 Dec 2023 03:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34865

Actions (login required)

View Item View Item