Penerapan Model Kooperatif Tipe Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Di Kelas V UPTD SDN 188 Barru. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar

Opini Annisa Putri (2023) Penerapan Model Kooperatif Tipe Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Di Kelas V UPTD SDN 188 Barru. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL OPINI ANNISA PUTRI.pdf

Download (555kB)

Abstract

Opini Annisa Putri, 2023, Penerapan Model Kooperatif Tipe Kartu Arisan Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Di Kelas V UPTD SDN 188 Barru. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Suarlin dan Hamzah Pagarra) Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas V UPTD SDN 188 Barru. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model kooperatif tipe kartu arisan dalam mengukur keaktifan siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas V UPTD SDN 188 Barru. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V UPTD SDN 188 Barru yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi guru dan siswa dan catatan lapangan pada saat observasi dan melakukan penelitian. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Model pembelajaran kooperatif tipe kartu arisan melatih kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan secara acak, melatih mental dan tanggung jawab siswa karena pembelajaran dilakukan secara berkelompok. Hal ini dapat memicu keaktifan siswa selama proses pembelajaran, dan telah dibuktikan oleh hasil penelitian dimana hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada siklus I kategori cukup (C), dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori baik (B). Peningkatan terjadi karena adanya perbaikan pada siklus II yaitu guru lebih memperhatikan siswa pada saat proses pembelajaran dan memperbaiki soal yang telah dibuat. Dengan demikian, Penerapan Model Kooperatif Tipe Kartu Arisan Dapat Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas V UPTD SDN 188 Barru pada mata pelajaran PPKn

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:58
Last Modified: 01 Dec 2023 02:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34864

Actions (login required)

View Item View Item