Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas IV SDN Cambaya Kabupaten Gowa.

Mutia Ryansari (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas IV SDN Cambaya Kabupaten Gowa.

[img] Text
SKRIPSI .pdf

Download (3MB)

Abstract

Mutia Ryansari, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas IV SDN Cambaya Kabupaten Gowa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sayidiman, S.Pd., M.Pd. dan Drs. Latri, S.Pd., M.Pd.) Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn di kelas IV SDN Cambaya Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dalam meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Cambaya Kabupaten Gowa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitan ini adalah hasil belajar PKn dan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Cambaya Kabupaten Gowa pada semester genap tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 12 orang, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 4 perempuan. Teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Teknis analisis data dalam penelitian ini yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dianalisis, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan disetiap siklusnya. Hasil tes siklus I dengan kualifikasi “kurang” dan mengalami peningkatan di siklus II dengan kualifikasi “baik”. Hasil analisis data disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn di kelas IV SDN Cambaya Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:53
Last Modified: 01 Dec 2023 02:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34863

Actions (login required)

View Item View Item