Pengembangan Media E-Comic Literasi Matematika Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Kelas IV SD. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

Faris Eka Surya Dinata (2023) Pengembangan Media E-Comic Literasi Matematika Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Kelas IV SD. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Pinisi Journal PGSD FARIS EKA SURYA DINATA 1487041049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Faris Eka Surya Dinata, 2022. Pengembangan Media E-Comic Literasi Matematika Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Kelas IV SD. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Bapak Latri dan ibu Siti Raihan) Penelitian ini adalah penelitian pengembangan media e-comic literasi matematika sebagai media pembelajaran pada siswa sekolah dasar bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan media e-comic literasi matematika sebagai media pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and delevopment (R & D) dengan desain penelitian menggunakan model Allesi Throlip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media, angket respon/tanggapan guru dan siswa serta teknik dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini yaitu pertama penelitian ini menghasilkan produk berupa media e-comic literasi matematika materi bangun datar siswa kelas IV SD. Kedua, hasil penelitian kelayakan media secara keseluruhan sesuai kriteria skala penilaian kualifikasi produk yaitu pada validasi ahli materi memperoleh kriteria sangat valid. Validasi ahli media memperoleh kriteria sangat valid. Hasil tanggapan/respon guru memperoleh kriteria sangat valid. Sedangkan, hasil tanggapan/respon siswa setelah dilakukan uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar memperoleh masing-masing nilai dengan kriteria sangat valid. Dengan adanya penelitian ini, peneliti selanjutnya dapat mengembangkan media e-comic literasi matematika yang lebih menarik bagi siswa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 01 Dec 2023 02:42
Last Modified: 01 Dec 2023 02:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34862

Actions (login required)

View Item View Item