Survei Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional 2022 Sekolah Dasar Di Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Skripsi

Nina Muhni Andari (2023) Survei Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional 2022 Sekolah Dasar Di Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Skripsi.

[img] Text
JURNAL Nina Muhni Andari (1).pdf

Download (857kB)

Abstract

Nina Muhni Andari. 2023. Survei Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional 2022 Sekolah Dasar Di Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Skripsi. Dibimbing oleh Syamsurijal Basri, S. Pd, M. Pd. Dan Irmawati, S. Pd, M. Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang pelaksanaan Asesmen Nasional 2022 di sekolah dasar, Adapun tujuannya yaitu untuk mengetahui seperti apa proses Asesmen Nasional 2022 dan proses adaptasi guru terhadap Asesmen Nasional 2022 sekolah dasar di kecamatan Lilirilau kabupaten Soppeng. Pengendalian mutu sangat perlu dilakukan agar di masa depan sistem pendidikan lebih terarah, efisien, efektif, relevan dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknik survei. Survei adalah penelitian yang dilakukan pada populasi, yang menggunakan kusioner dalam pengumpulan data (Hafidz, dkk., 2021). Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu guru dari 10 sekolah dasar di kecamatan lilirilau kabupaten Soppeng, dengan jumlah sampel sebanyak 59 orang. Teknik utama penelitian ini adalah kusioner dan teknik pendukung berupa wawancara dan dokumentasi. Dari data analisis deskriptif atau tabel keseluruhan pertanyaan menunjukkan bahwa sekolah dasar di Kecematan Lilirilau Kabupaten Soppeng telah melaksanakan Asesmen Nasional sesuai dengan aturan pemerintah pusat. Namun didapatkan pula bentuk kendala yang terjadi baik dari tingkat pemahaman guru terhadap asesmen nasional serta pemahan guru dalam mengoprasikan komputer hingga sarana dan prasarana sekolah yang masih belum memadai. Bentuk penanganan guru terhadap kendala yang terjadi selama pelaksanaan Asesmen Nasional yaitu dengan terlebih dahulu membicarakan dengan kepala sekolah, kategori ini mendapatkan nilai persentase sebanyak 58%. Selain itu dari hasil wawancara salah satu reponden kepala sekolah membentuk pelatihan guna meningkatkan pengetahuan guru terhadap teknologi

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2023 08:04
Last Modified: 30 Nov 2023 08:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34860

Actions (login required)

View Item View Item