Perencanaan Strategik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMK Negeri 2 Gowa.

Asri Musfyradillah. M (2023) Perencanaan Strategik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMK Negeri 2 Gowa.

[img] Text
Jurnal Asri Musfyradillah. M. Administrasi Pendidikan 2018.pdf

Download (275kB)

Abstract

Asri Musfyradillah. M. 2023. Perencanaan Strategik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMK Negeri 2 Gowa. Skripsi ini di bimbing oleh Ansar dan Muhammad Ardiansyah Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengjaji tentang Perencanaan Strategik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMK Negeri 2 Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggali lebih dalam tentang bagaimana perencanaan strategik kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMK Negeri 2 Gowa. Penelitian ini menggunakan penedekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan isu yang muncul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan strategik kepala sekolah di SMK Negeri 2 Gowa sudah baik, karena dari indikator-indikatornya sudah memenuhi strategik dari kepala sekolah. Dilihat dari visi misi, merupakan acuan penting untuk memudahkan dan memahami dengan jelas apa yang menjadi tujuan dari pekerjaan guru. Dalam hal nilai, guru menenamkan nilai pada dirinya agar siswa akan mencermikan nilai yang di terapkan oleh guru. Tujuan pada SMK Negeri 2 Gowa disini dalam meningkatkan kinerja guru itu visi dan misi menjadi target arahan guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk mencapai kinerja. Sasaran strategik, mengikutkan guru-guru untuk mengikuti pelatihan. Arah kebijakan sebagai pedoman untuk mengarahkan perumusan strategik yang dipilih agar selaras dalam mencapai tujuan dan sasaran setiap tahapan dalam kurun waktu lima tahun. Adapun, program yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru yaitu: 1) Workshop pengembangan instrumen penilaian hasil belajar bagi semua guru mata pelajaran. 2) Peningkatan Kualitas Guru Kelas, Mata Pelajaran. 3) Workshop Menulis Kreatif Guru dan Siswa. Faktor pendukung yang berupa beberapa guru muda atau junior yang mengajarkan guru senior menggunakan komputer dan alat-alat teknologi lainnya. Dan faktor penghambatnya yaitu berupa masalah fasilitas sarana dan prasarana yang belum memadai.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:38
Last Modified: 30 Nov 2023 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34852

Actions (login required)

View Item View Item