Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar

Fitrianti Abidin (2023) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar.

[img] Text
1931-Article Text-3511-2-2-20231127.pdf

Download (304kB)

Abstract

Fitrianti Abidin, 2023. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh (Syamsurijal Basri, S. Pd., M.Pd. dan Hasan, S.Pd.I., M.Pd.) Penelitian ini mengkaji tentang bentuk strategi pemasaran jasa pendidikan dalam bauran pemasaran produk, harga, promosi dan sumber daya manusia. Tujuan dari penelitan ini adalah untuk mengetahui bentuk strategi pemasaran jasa pendidikan dalam bauran pemasaran produk, harga, promosi, dan sumber daya manusia. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan bagian kehumasan, dan orangtua siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk strategi pemasaran jasa pendidikan dalam bauran pemasaran meliputi, (1) Produk yang ditawarkan telah memenuhi harapan siswa dan orangtua siswa yang menawarkan kurikulum merdeka juga pelajaran muatan lokal islami sebagai program unggulan dan beragam pilihan ekstrakurikuler yang sesuai minat bakat siswa yang mempunyai sumber daya yang mendukung. (2) Harga pendidikan cukup bersaing dibandingkan dengan sekolah swasta islam lainnya, selain itu harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas produk yang diberikan berdasarkan kualitas dan prestasi siswa Adapun penetapan harga ini telah dipertimbangkan ini sesuai dengan calon siswa yang memiliki ekonomi menengah kebawah. (3) Promosi menggunakan berbagai jenis media promosi, termasuk media sosial, website, indirect selling yang melibatkan orangtua, spanduk, dan brosur. Untuk memilih media promosi yang akan digunakan, sekolah ini melakukan analisis dan penyesuaian dalam memilih metode yang efektif, dan aktif dalam membagikan kegiatan, prestasi, dan keunggulan pendidikan disetiap media sosial yang mereka miliki secara berkonsep dan rutin. (4) Orang atau sumber daya manusia yang ada di SMP Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar adalah orang-orang yang sesuai kualifikasinya. Sekolah memfasilitasi mereka pelatihan secara rutin dan tetap selalu memotivasi untuk mengikuti pelatihan mandiri diluar yang diberikan sekolah.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:32
Last Modified: 30 Nov 2023 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34851

Actions (login required)

View Item View Item