Penggunaan Aplikasi Smartphone Envision AI untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas III di SLB Negeri 1 Bulukumba.

Muh. Ichsan Ilham. H (2023) Penggunaan Aplikasi Smartphone Envision AI untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas III di SLB Negeri 1 Bulukumba.

[img] Text
Jurnal Muh. Ichsan Ilham. H.pdf

Download (266kB)

Abstract

Muh. Ichsan Ilham. H, 2023. Penggunaan Aplikasi Smartphone Envision AI untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas III di SLB Negeri 1 Bulukumba. Skripsi ini terselesaikan atas bimbingan Dr. Usman, M. Si dan Dr. Purwaka Hadi, M. Si. Jurusan Pendidikan Khusus, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berdasarkan masalah membaca braille yang dialami seorang peserta didik kelas III di SLB Negeri 1 Bulukumba berupa ketidakmampuan peserta didik dalam mengenali pola titik-titik huruf braille sehingga berdampak pada tingkat kemampuan membaca braille yang rendah. Adapun rumusan masalah penelitian ini ialah “bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca peserta didik tunanetra kelas III di SLB Negeri 1 Bulukumba melalui penggunaan aplikasi Envision AI ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca peserta didik tunanetra kelas III di SLB Negeri 1 Bulukumba sebelum dan setelah penggunaan aplikasi smartphone Envision AI serta hasil peningkatkan kemampuan membaca peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dengan teknik analisis data berupa analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca peserta didik yang didasarkan pada perolehan nilai yang meningkat dari kategori sangat tidak mampu menjadi mampu. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi smartphone Envision AI dapat meningkatkan kemampuan membaca peserta didik tunanetra kelas III di SLB Negeri 1 Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2023 07:28
Last Modified: 30 Nov 2023 07:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34848

Actions (login required)

View Item View Item