Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Fadhilah Kab Gowa. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar

Amirah Nurdini (2023) Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Fadhilah Kab Gowa. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.pdf

Download (329kB)

Abstract

Amirah Nurdini, 2023. Skripsi, Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Fadhilah Kab Gowa. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Rusmayadi dan A.Sri Wahyuni Asti) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Permainan Maze Terhadap Kemampuan Literasi Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Fadhilah Kab Gowa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 50 anak kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Fadhilah Kab Gowa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri 24 anak, 12 anak kelompok B3 sebagai kelompok eksperimen dan 12 anak kelompok B1 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistic non parametrik dengan menggunakan Uji Wilcoxon Sign Rank Test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi anak yang diberi perlakuan permainan maze pada kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol. Hasil analisis data diperoleh peningkatan rata- rata pada kelompok eksperimen 19,42, sedangkan pada kelompok kontrol 17,42. Hasil pengujian menunjukkan sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa permainan maze memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan literasi Anak Usia 5-6 Tahun di TK Nurul Fadhilah Kab. Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2023 06:57
Last Modified: 30 Nov 2023 06:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34844

Actions (login required)

View Item View Item