Pengembangan Komik Digital Sex Education Untuk Siswa SD di SD Inpres Mangga Tiga Makassar

AMELIA DWIPUTRI. (2023) Pengembangan Komik Digital Sex Education Untuk Siswa SD di SD Inpres Mangga Tiga Makassar.

[img] Text
Letter Of Acceptance (LoA)-AMELIA DWIPUTRI-1941042002-TP-FIP-UNM.pdf

Download (1MB)

Abstract

AMELIA DWIPUTRI. 2023. Pengembangan Komik Digital Sex Education Untuk Siswa SD di SD Inpres Mangga Tiga Makassar. Skripsi. Program Studi Teknologi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing Oleh: Dr. Citra Rosalyn Anwar, S.Sos., M.Si. dan Dr. Farida Febriati, S.S., M.Si.). Pengembangan komik digital ini adalah lanjutan dari pengembangan komik sebagai bahan ajar sex education yang dikembangkan oleh peneliti terdahulu dengan judul buku “Aku Belajar: Melindungi Diri Sendiri” yang terdiri dari 4 cerita dan dalam penelitian ini peneliti mengembangkan cerita ke-5 dengan tema “Aku Berani !!”. Masalah dalam penelitian ini adalah pemahaman peserta didik dalam pendidikan seks dan melindungi diri sendiri masih sangat kurang disebabkan guru yang hanya mengajarkan bagian-bagian anggota tubuh saja tanpa mengaitkan tentang perlindungan diri, hal ini akan berdampak jika peserta didik mengetahui hal tersebut secara sendirinya atau otodidak tanpa arahan dan tanpa didampingi oleh guru atau orang tua melalui smartphone mereka. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Menganalisis kebutuhan produk Komik Digital untuk siswa SD; 2) Mengetahui tingkat validasi produk Komik Digital; 3) Mengetahui kepraktisan produk Komik Digital. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan dan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek dari penelitian ini adalah 30 peserta didik dan satu guru wali kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Identifikasi tingkat kebutuhan pengembangan Komik Digital berada pada kualifikasi dibutuhkan; 2) Hasil pengujian kevalidan komik digital oleh ahli isi/materi berada pada kualifikasi sangat valid dan hasil validasi oleh ahli desain/media berada pada kualifikasi sangat valid; 3) Hasil pengujian kepraktisan yang dilakukan oleh satu guru wali kelas IV-A berada pada kualifikasi sangat praktis dan uji coba pada siswa SD kelas IV-A yang terdiri dari 30 peserta didik memperoleh hasil yang berada pada kualifikasi sangat praktis. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Komik Digital Sex Education cukup dibutuhkan, sangat valid dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran dalam kelas

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2023 06:36
Last Modified: 30 Nov 2023 06:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34839

Actions (login required)

View Item View Item