Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTS YPPI Sapobonto Kabupaten Bulukumba

Nur Apiah (2023) Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTS YPPI Sapobonto Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
ARTIKEL NUR APIAH LENGKAP.pdf

Download (858kB)

Abstract

Nur Apiah, 2023. “Pengaruh Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTS YPPI Sapobonto Kabupaten Bulukumba”. Skripsi. Prodi Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Dosen Pembimbing I (Dr. Pattaufi, S.Pd., M.Si), dan Dosen Pembimbing II (Merrisa Monoarfa, S.Pd., M.Pd). Pemanfaatan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa menunjukkan bahwa siswa memberikan respon yang positif selama proses pembelajaran berlangsung, serta Pemanfaatan media audio-visual berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTS YPPI Sapobonto Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio-visual. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar test dan angket. Dalam penelitian ini dilakukan Uji Mann Whitney sebagai pengujian terakhir untuk mengetahui hipotesis penelitian apakah Ho “tidak terdapat pengaruh pemanfaatan media audio-visual terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTS YPPI Sapobonto Kabupaten Bulukumba” dan Ha “terdapat pengaruh pemanfaatan media audio- visual terhadap hasil belajar siswa kelas IX MTS YPPI Sapobonto Kabupaten Bulukumba” Uji Mann-Whitney adalah salah satu bentuk pengujian dalam analisis statistika non parametrik. Uji non parametrik bermanfaat untuk digunakan apabila sampelnya kecil dan lebih mudah dihitung dari pada metode parametrik. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini yakni berjumlah 14 siswa pada kelas Eksperimen dan 14 siswa pada kelas kontrol Hasil uji Mann whitney dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio-visual berpengaruh positif terhadap hasil belajar fiqih di MTS YPPI Sapobonto Bulukumba, maka H0 ditolak dan Ha diterima. H0 yakni “Penggunaan media audio visual tidak berpengaruh terhadap hasil belajar Fiqih MTS YPPI Sapobonto Kabupaten Bulukumba”. Ha yakni “Penggunaan media audio-visual berpengaruh terhadap hasil belajar Fiqih MTS YPPI Sapobonto Kabupaten Bulukumba”. Sehingga berdasarkan data tersebut menujukkan Ha di terima yakni “Penggunaan media audio-visual berpengaruh terhadap hasil belajar Fiqih MTS YPPI Sapobonto Kabupaten Bulukumba”.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > TEKNOLOGI PENDIDIKAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 30 Nov 2023 06:26
Last Modified: 30 Nov 2023 06:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34836

Actions (login required)

View Item View Item