SRI WAHYUNI (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAl TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 146 RADDAE KECAMATAN PENRANG KABUPATEN WAJO.
Text
SAMPUL.doc Download (78kB) |
|
Text
HALAMAN DEPAN.doc Download (130kB) |
|
Text
ISI.doc Download (279kB) |
|
Text
LAMPIRAN.doc Download (707kB) |
|
Text
DOKUMENTASI.doc Download (83MB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.doc Download (148kB) |
Abstract
Sri Wahyuni, 2016, Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 146 Raddae Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah A, M.Si. dan Dra. Hj. Amrah, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dikaji berdasarrkan kenyataan yang ada dilapangan bahwa hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA rendah. Rumusan masalahnya, bagaimanakah penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 146 Raddae Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo? Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 146 Raddae Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun fokus penelitian terdiri dari penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan peningkatan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA. Setting penelitian bertempat di SDN 146 Raddae dengan subjek penelitian yang terdiri dari 1 guru kelas dan murid kelas V sebanyak 16 murid. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, dengan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik pada aktivitas guru dan belajar murid maupun hasil belajar murid. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada aktivitas mengajar guru, pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Aktivitas belajar murid pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil belajar IPA murid pada siklus I masih berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 146 Raddae Kecamatan Penrang Kabupaten Wajo.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 08:13 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 08:13 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34809 |
Actions (login required)
View Item |