PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS I KOTA MAKASSAR

ZAHRAH LAILAH AMIRUDDIN (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES PERUMNAS I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL AWAL.docx

Download (34kB)
[img] Text
skripsi.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (125kB)

Abstract

Zahrah Lailah Amiruddin,2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas IV SD Inpres Perumnas I Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Amrah, S.Pd, M.Pd dan Dra. Hj. St. Johara Nonci, M.Si. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPS pada siswa kelas IV. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah jika model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw diterapkan dalam pembelajaran, maka hasil belajar IPS siswa akan meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas dua pertemuan, dengan tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan peningkatan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat di SD Inpres Perumnas I Kota Makassar dengan subjek penelitian yang terdiri dari guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan adalah mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar IPS siswa dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Perumnas I Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:21
Last Modified: 27 Nov 2023 03:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34797

Actions (login required)

View Item View Item