DAMPAK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS V DI SD INPRES MALLENGKERI BERTINGKAT I KOTA MAKASSAR

SYAHRAENI (2023) DAMPAK KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS V DI SD INPRES MALLENGKERI BERTINGKAT I KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Sampu.doc

Download (38kB)
[img] Text
Prakata(Edit).doc

Download (103kB)
[img] Text
bagian isi.doc

Download (2MB)

Abstract

Syahraeni. 2016. Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pengembangan Kedisiplinan Siswa Kelas V Di SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I Kota Makassar. Skripsi dibimbing oleh Hikmawati Usman, S.Pd., M.Pd dan Drs. Mufa’adi, M.Si Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Skripsi ini mengkaji tentang Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pengembangan Kedisiplinan Siswa Kelas V di SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I Kota Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah perlunya pembuktian mengenai kegiatan eksrakurikuler pramuka dalam pengembangan kedisiplinan siswa. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini yaitu bagaimanakah dampak kegiatan pramuka dalam mengembangkan kedisiplinan siswa kelas V Di SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak kegiatan pramuka dalam mengembangkan kedisiplinan siswa kelas V di SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Adapun fokus penelitian terdiri dari pramuka dan kedisiplinan. Lokasi tempat meneliti adalah di kota Makassar Kecamatan Tamalate tepatnya di SD Inpres Mallengkeri Bertingkat I. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka aktif yaitu sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumantasi. Teknik analisis data adalah analisis Kualitatif dengan cara deskriptif, yaitu dengan cara menjelaskan, menguraikan dan menggambarkan permasalahan serta penyelesaiannya yang berkaitan erat dengan penelitian. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa banyak hal yang menjadikan pengembangan kedisiplinan pada anak seperti mereka mampu mengatur dirinya dan bertanggung jawab terhadap dirinya sehingga menjadi pribadi yang lebih baik di sekolah maupun di rumah mereka mampu mengontrol tingkah lakunya sehingga tugas-tugas di sekolah mapun di rumah dapat berjalan dengan optimal.Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dampak kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam pengembangan kedisiplinan siswa melalui aturan-aturan yang harus ditaati, pemberian penghargaan bagi mereka yang mampu menjadi contoh bagi siswa lainnya, memberikan hukuman mendidik sebagai alat pendorong kedisiplinan, serta konsisten dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah dan mengikuti kegiatan pramuka.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:11
Last Modified: 27 Nov 2023 03:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34796

Actions (login required)

View Item View Item