PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAPADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 12 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

ARVENRY PEGRIANDI NDUN (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAPADA SISWA KELAS VI DI SD NEGERI 12 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
HALAMAN COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
ARVENRY PEGRIANDI NDUN SRIPSI.docx

Download (5MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (16kB)

Abstract

ARVENRY PEGRIANDI NDUN. 2016. Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VI di SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd.,M.Pd. dan Hamzah Pagarra, S.Kom.,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika pada siswa kelas VI di SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini ialah bagaimanakah Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VI di SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan kosntruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada Siswa Kelas VI di SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian ini adalah penerapan Pendekatan Konstruktivisme dan hasil belajar matematika siswa. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan siswa kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba berjumlah 20 orang siswa yang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang terdiri dari aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan hasil belajar yang dilakukan sebanyak dua siklus, maka hasil yang diperoleh dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori C (cukup) dan meningkat di siklus II dengan kategori B (baik) sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yang berada pada kategori C (cukup) kemudian meningkat pada siklus II dengan kategori B (baik) dan sehingga telah mencapai indikator keberhasilan. Berdasarkan pencapaian yang telah diperoleh dalam proses pembelajaran dan juga pencapaian hasil belajar pada akhir siklus II, sehingga dapat dikatakan bahwa dengan menerapkan pendekatan konstruktivisme, maka hasil belajar matematika meningkat.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 08:06
Last Modified: 24 Nov 2023 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34780

Actions (login required)

View Item View Item