PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA IPA SDN 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

BELSAMINA ROSITA WORIUNSORA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA IPA SDN 183 GARANTA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
BELSAMINA ROSITA WORIUNSORA (SKRIPSI).pdf

Download (1MB)

Abstract

Belsamina Rosita Woriunsora, 2016 Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata pelajaran IPA SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Lutfi B, M.Kes dan Andi Dewi Riang Tati, S. Pd, M. Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran inquiry dan hasil belajar siswa. Subjek pada penelitian ini adalah 1 orang Guru dan siswa kelas IV SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba, yang aktif terdaftar pada semester genap Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 37 orang yang terdiri dari 25 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I berada pada kategori cukup sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang sedangkan siklus II berada pada kategori baik. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model inquiry pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 183 Garanta Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Nov 2023 07:34
Last Modified: 24 Nov 2023 07:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34777

Actions (login required)

View Item View Item