PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII C SMPN 4 AWANGPONE MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI)

Aswad1, Muh. (2016) PENINGKATAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII C SMPN 4 AWANGPONE MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
(18) JURNAL MUH.ASWAD.docx

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas belajar IPA Biologi siswa kelas VII C SMPN 4 Awangpone yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) (2) peningkatan motivasi belajar IPA Biologi siswa kelas VII C SMPN 4 Awangpone yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) (3) peningkatan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII C SMPN 4 Awangpone yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation (GI). Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian tindakan kelas atau classroom action research. Penelitian Tindakan kelas memiliki empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Adapun subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas VII C semester genap tahun pelajaran 2015/2016 SMP Negeri 4 Awangpone dengan jumlah siswa 28 orang. Penentuan waktu penelitian mengacu pada kalender pendidikan yaitu bulan januari sampai bulan mei 2016.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan aktivitas belajar IPA Biologi siswa kelas VII C SMPN 4 Awangpone yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) yaitu dari 40,08% pada siklus I meningkat menjadi 80,16% pada siklus II (2) terdapat peningkatan motivasi belajar IPA Biologi siswa kelas VII C SMPN 4 Awangpone yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI)yaitu dari 32,14% pada siklus I meningkat menjadi 89,29% pada siklus II (3) terdapat peningkatan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII C SMPN 4 Awangpone yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe group Investigation (GI) yaitu dari 64,29% pada siklus I meningkat menjadi 96,43% pada siklus II

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:42
Last Modified: 30 Oct 2017 07:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item