SRI ASTUTY, DEWI (2023) PENERAPAN MODEL DIRECT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERNYANYI LAGU DANGDUT PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 13 BONE. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.
Text
JURNAL DEWI SRI ASTUTY (1982040019) FIX - dewi sriastuty.pdf Download (290kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan mengenai Penerapan Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Lagu Dangdut Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 13 Bone dengan 2 (dua) rumusan masalah yaitu: 1) bagaimana penerapan Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Lagu Dangdut Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 13 Bone, 2) bagaimana hasil penerapan Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Keterampilan Bernyanyi Lagu Dangdut Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMA Negeri 13 Bone. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan penggambaran objek penelitian secara langsung. Tehnik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara,tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan model direct instruction untuk meningkatkan keterampilan bernyanyi lagu dangdut dilakukan dengan Memberikan materi mengenai keetrampilan bernyanyi lagu dangdut pada pertemuan pertama, selanjutnya pertemuan kedua dengan memberikan pelatihan bernyanyi lagu dangdut, lalu pada pertemuan ketiga melakukan praktik individu bernyanyi lagu dangdut, dan pertemuan ke empat melakukan tes kepada siswi dengan bernyanyi lagu dangdut masing masing sesuai dengan kriteria penilaian yang telah disiapkan pada lembar penilaian peneliti.Sebelum memasuki inti dari penelitian yaitu melakukan tes kepada seluruh siswi, terlebih dahulu peneliti memberikan materi-materi yang berkaitan dengan proses penelitian kali ini yaitu pemberian materi dan pelatihan tentang keterampilan bernyanyi lagu dangdut.2) Hasil penerepan model direct instruction untuk meningkatkan keterampilan bernyanyi lagu dangdut pada kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 13 Bone yaitu berdasarkan hasil perbandingan dari tes awal dan tes akhir masing masing siswi yang mengikuti penelitian penerapan model direct instruction untuk meningkatkan keterampilan bernyanyi lagu dangdut pada kegiatan ekstrakurikuler SMA Negeri 13 Bone menyatakan bahwa semua siswi mengalami peningkatan keterampilan bernyanyi lagu dangdut. Kata kunci : Model Direct Instruction, Penerapan, Hasil penerapan, Keterampilan bernyanyi lagu damgdut, SMA Negeri 13 Bone
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik |
Divisions: | FAKULTAS SENI DAN DESAIN |
Depositing User: | Pustaka FSD yayu |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 06:47 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 06:47 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34755 |
Actions (login required)
View Item |