DESKRIPSI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BARRU

KHATIMAH, HUSNUL (2016) DESKRIPSI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA DALAM PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI PENGUASAAN MATERI PERSAMAAN KUADRAT PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BARRU. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Husnul Khatimah.docx

Download (744kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguasaan materi persamaan kuadrat siswa kelas XI SMAN 1 Barru, koneksi matematika siswa dalam pemecahan masalah, dan koneksi matematika siswa berdasarkan penguasaan materi persamaan kuadrat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi kuantitatif dan kualitatif, menggunakan metode sequential explanatory, maka dalam penelitian ini ada sampel dan subjek penelitian. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI MIA 4 SMAN 1 BARRU tahun pelajaran 2015/2016, sedangkan subjek penelitiannya 2 orang yaitu siswa kelas XI MIA 4 XI MIA 4 SMAN 1 BARRU tahun pelajaran 2015/2016 yang memiliki nilai tertinggi dan terendah pada hasil tes penguasaan materi persamaan kuadrat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) tes penguasaan materi persamaan kuadrat, (2) tes koneksi matematika, dan (3) pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Penguasaan materi persamaan kuadrat siswa kelas XI MIA 4 SMAN 1 BARRU tahun pelajaran 2015/2016 yaitu 10 siswa memilki nilai baik ( 29,4), 20 siswa yang memilki nilai cukup ( 58 %), dan 4 siswa yang memilki nilai kurang (11,7%) 2). Hasil tes koneksi matematika siswa kelas XI MIA 4 SMAN 1 BARRU tahun pelajaran 2015/2016 yaitu 1 orang memilki nilai baik (2,94 %), 13 orang memilki nilai cukup ( 38,25 %), dan 20 orang memilki nilai rendah (11,3 %)3). Hasil tes koneksi dan wawancara subjek penelitian yaitu a). subjek SA (nilai tertinggi) pada soal koneksi nomor 1 (koneksi persamaan kuadrat dengan logaritma) SA memilki koneksi matematika yang cukup tinggi namun belum bisa mendapatkan himpunan penyelesaian yang tepat, pada soal nomor 2 ( koneksi persamaan kuadrat dengan bilangan berpangkat dan 4 SA memilki koneksi matematika yang cukup tinggi namun pada soal nomor 3 SA belum bisa mengkoneksikan persamaan kuadrat dengan materi volume balok. b). subjek PA ( nilai terendah) pada soal nomor 1,2,3, dan 4 PA memiliki koneksi yang rendah selain itu PA kurang teliti dalam mengerjakan soal sehingga sulit mendapatkan himpunan penyelesaian.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:30
Last Modified: 30 Oct 2017 07:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3474

Actions (login required)

View Item View Item