PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 14 BABANA KABUPATEN BULUKUMBA

RICHARD CHRISTIAN EBA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 14 BABANA KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx

Download (83kB)
[img] Text
skripsi.docx

Download (4MB)

Abstract

RICHARD CHRISTIAN EBA. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 14 Babana Kabupaten Bulukumba. Skripsi Dibimbing oleh, Drs. Latri, S.Pd, M.Pd. dan Hikmawati Usman, S.Pd, M.Pd., pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 14 Babana Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri 14 Babana Kabupaten Bulukumba.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan seorang guru kelas V sebagai observer serta seluruh siswa kelas V SD Negeri 14 Babana Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 23 siswa, dengan rincian 11 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk mengolah data mengenai proses pembelajaran dan teknik analisis data statistik deskriptif untuk mengolah data mengenai hasil belajar siswa pada pelajaran IPA. Hasil penelitian yaitu pada siklus I penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berada pada kategori cukup dan rata-rata hasil belajar IPA berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mengalami peningkatan yakni mencapai kategori baik dan rata-rata hasil belajar IPA meningkat mencapai kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:22
Last Modified: 23 Nov 2023 07:22
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34739

Actions (login required)

View Item View Item