Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri 12 Babana Kabupaten Bulukumba.

ANTONIUS NGGULI HUNGA MEHA (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar SiswaPada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri 12 Babana Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
HALAMAN SAMPUL.docx

Download (42kB)
[img] Text
SKRIPSI ANTON MEHA.docx

Download (1MB)

Abstract

ANTONIUS NGGULI HUNGA MEHA. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri 12 Babana Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Dibimbing oleh Nurhaedah., S.Pd., M.Pd dan Hamzah Pagarra, S.Kom, M.Pd. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan hasil belajar matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VI SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 20 orang, dengan rincian 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif untuk mengolah data mengenai proses pembelajaran dan teknik analisis data statistik deskriptif untuk mengolah data mengenai hasil belajar siswa pada pelajaran matematika. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, proses pembelajaran yang dilakukan guru berada pada kategori cukup, aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup dan rata-rata hasil belajar matematika berada pada kategori cukup. Sedangkan pada siklus II penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match mengalami peningkatan yakni proses pembelajaran yang dilakukan guru berada pada kategori baik, aktivitas belajar siswa mencapai kategori baik dan rata-rata hasil belajar matematika meningkat mencapai kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:12
Last Modified: 23 Nov 2023 07:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34736

Actions (login required)

View Item View Item