PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA

HAMFRIN HAMBU NDJURUMANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 BABANA KECAMATAN UJUNG LOE KABUPATEN BULUKUMBA.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (1MB)

Abstract

HAMFRIN HAMBU NDJURUMANA, 2016, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 12 Babana Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba.Skripsi ini dibimbing oleh Nurhaedah, S.Pd., M.Pd dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD N 12 Babana?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan mdel pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 12 Babana. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif sedangkan jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 12 Babana, dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang, yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 10 rang siswa laki-laki. Rancangan tindakan yang dilakukan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang melalui 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan mengumpulkan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Pada siklus I aktivitas mengajar guru dan belajar siswa berada pada kategori cukup (C), siklus II kategori baik (B). Siswa yang ketuntasan hasil belajarnya pada siklus I kategorikan cukup (C) dan pada siklus II kategori baik (B). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) terjadinya perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran yang kurang aktif menjadi lebih aktif dan lebih memahami materi yang dijelaskan oleh guru, (2) meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri 12 Babana kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukmba.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2023 07:00
Last Modified: 23 Nov 2023 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34734

Actions (login required)

View Item View Item