PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V \SD NEGERI II3 PANA KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG

MUSLIMI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADSTOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V \SD NEGERI II3 PANA KECAMATAN ALLA KABUPATEN ENREKANG.

[img] Text
SAMPUL.doc

Download (51kB)
[img] Text
sampul depan mimink.doc

Download (150kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (52kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MIMINK.doc

Download (32kB)
[img] Text
LEMBAR SOAL TES FORMATIP SIKLUS 1.doc

Download (64kB)
[img] Text
LEMBAR SOAL TES FORMATIP siklus 2.doc

Download (77kB)
[img] Text
dokumentasi pix.doc

Download (952kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP mimin.doc

Download (193kB)

Abstract

Muslimin, 2016. Penerapan Model Pebelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang . Skripsi. Dibimbing oleh Muhammad Irfan, S.Pd. M.Pd dan Dr. Abdul Hakim, S.Pd. M.Pd. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang? Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapaun fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan peningkatan hasil belajar IPS.Setting penelitian ini adalah SDN 113 Pana karena model pembelajaran kooperatif tipe NHT sangat sesuai diterapkan di kelas V SDN 113 Pana, subjek penelitian yang terdiri dari guru mata pelajaran IPS kelas V dan siswa kelas V sebanyak 20 orang yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11siswa perempuan. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan belum tuntas. Namun,mengalami peningkatan yang cukup pada siklus II yaitu berada pada kategori baik dan telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) secara maksimal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 113 Pana Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 23 Nov 2023 06:55
Last Modified: 23 Nov 2023 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34730

Actions (login required)

View Item View Item