Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Trigonometri Siswa Kelas X-MIA-2 SMA Negeri 1 Pangkajene

SUNARTI, SUNARTI (2016) Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Trigonometri Siswa Kelas X-MIA-2 SMA Negeri 1 Pangkajene. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
artikel SUNARTI.doc

Download (63kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa yaitu kesalahan konseptual dan kesalahan procedural serta faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan-kesalahan tersebu tterjadi ditinjau dari segi kognitifnya saja yang meliputi hal-hal yang berhubungan dengan kemampuan intelektual subjek dan cara subjek memproses atau melakukan penyelesaian soal perbandingan trigonometri. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-MIA-2 yang terdiri dari 2 subjek yaitu Subjek1 (S1) dan Subjek2 (S2).Peneliti bertindak sebagai instrument utama yang dipadu oleh tes diagnostik yang dikonfirmasi kembali oleh pedoman wawancara, untuk mendapatkan data yang valid. Hasil penelitia nmenunjukkan 1) S1 melakukan kesalahan konseptual yaitu kesalahan dalam menyatakan ulang sebuah konsep,kesalahan dalam mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat tertentu ( sesuai dengan konsepnya ), kesalahan tidak dapat menyajikan konsep ke dalam berbagai bentuk, kesalahan menggunakan , memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu dalam menyelesaikan soal, kesalahan dalam mengaitkan berbagai konsep,dankesalahan proseduralyaitukesalahanatau ketidakmampuan dalam memanipulasi langkah-langkah dalam menyelesaikan soal, kesalahan tidak mampu melanjutkan langkah penyelesaian, dan kesalahan yang berhubungan dengan kemampuan subjek terhadap materi prasyarat, 2) S2melakukankesalahankonseptualyaitukesalahan subjek tidak dapat menyatakan ulang konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu ( sesuai dengan konsepnya ), kesalahan tidak dapat menyajikan konsep dalam berbagai bentuk refresentasi matematis, kesalahan karena tidak mampu menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu dalam menyelesaikan soal,tidak mampu mengaitkan berbagai konsep( internal dan eksternal matematika)dankesalahanprosedural yaitu ketidakteraturan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal, kesalahan atau ketidak mampuan memanipulasi langkah-langkah untuk menjawab suatu soal, kesalahan dalam penyimpulan tanpa alasan yang benar, kesalahan karena tidak mampu melanjutkan langkah penyelesaian, kesalahan yang berhubungan dengan kemampuan siswa terhadap materi prasyarat. Kata Kunci :analisiskesalahan, kesalahankonseptual,kesalahanprosedural vii ABSTRAK SUNARTI AP. 2016. Analysis of Mistakes in Solving Trigonometry Comparison Problem Of Class X-MIA-2 Students at SMA 1 Pangkajene (supervisedbyUsmanMulbar and Awi Dassa). The research in qualitative aims to describe mistakes done by the students, namely conseptual and procedural mistakes and factors of the mistakes based on cognitive aspect which covers aspects related to the subjects’ intellectual ability and ways the subject to process or solve Trigonometry comparison questions. The subjects of the research were the students in class X-MIA-2 consisted of 2 subjects, namely Subject 1 ( S1 ) and Subject 2 ( S2 ). The researcher acted as the main instrument guided by diagnostic test and reconfirmed by interview guidance to obtain valid data. The results of the research reveal that 1) S1 did conceptual mistakes, namely mistakes in restating a concept, mistake in classifying objects based on certain characteristics (based on the concept), mistake unable to present concept in various form, mistakes in using, utilizing, and choosing procedure or certain operation insolving question, mistakes in connecting various concept, and procedural mistakes, namely mistake or disability in manipulating stages in solving problem, mistake of inability to continue solution stage, and mistake connected to the subjects’ ability on precodition material, 2) S2 did conceptual mistake, namely mistake that the subjects unable to restate the concept, classifiying objects based on certain characteristisc (based on the concept), mistake unable to present the concept in various form of mathematics reference, mistake unable to u or certain operation in solving question, unable to connect various consept ( internal and external of mathematics), and procedural mistake, namely irregulary stages in solving question, mistake or disability in manipulating stages to answer questions, mistake in concluding without correct reason, mistake of inability to continue solution stage, mistake connected to the students’ ability on precondition material. Keywords: mistakes analysis, conceptual mistakes, proceduralmistakes

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 07:14
Last Modified: 13 Mar 2018 02:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3472

Actions (login required)

View Item View Item