PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MURID KELAS IV SDN 29 BANYUANYARAKECAMATAN SANRO BONE KABUPATEN TAKALAR

ANDRIANY (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MURID KELAS IV SDN 29 BANYUANYARAKECAMATAN SANRO BONE KABUPATEN TAKALAR.

[img] Text
sampul.docx

Download (1MB)
[img] Text
ISI SKRIPSI DAN LAMPIRAN.docx

Download (2MB)

Abstract

ANDRIANY,2016. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Murid Kelas IV SDN 29 Banyuanyara Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar.Skripsi. Dibimbing Oleh Dra. St. Johara Nonci, M.Si. Dan Dra. Nirmala M.Si. pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn pada murid kelas IV SDN 29 Banyuanyara Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada murid kelas IV SDN 29 Banyuanyara Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada murid kelas IV SDN 29 Banyuanyara Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur siklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan murid kelas IV SDN 29 Banyuanyara Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar dengan jumlah murid 17 orang dengan materi PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan murid. Aktifitas guru pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan siklus II telah dikategorikan baik. Aktivitas murid pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan siklus II telah dikategorikan baik. Selain itu, peningkatan hasil belajar terlihat pada meningkatnya nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II, ketuntasan secara klasikal telah mencapai indikator yang telah ditetapkan, dan hasil belajar murid pada siklus I dikategorikan cukup dan siklus II dikategorikan baik pada setiap siklusnya. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pada Murid Kelas IV SDN 29 Banyuanyara Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 22 Nov 2023 07:32
Last Modified: 22 Nov 2023 07:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34713

Actions (login required)

View Item View Item