AMINAH RAHIM (2023) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IISEKOLAH DASAR INPRES BIRA I KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR.
Text
i. Lembar Judul SKRIPSI.doc Download (40kB) |
|
Text
ii. PERSETUJUAN PEMBIMBING SKRIPSI.doc Download (64kB) |
|
Text
v. Motto.doc Download (27kB) |
|
Text
iv. PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.doc Download (44kB) |
|
Text
vi. Abstrak.doc Download (28kB) |
|
Text
vii-ix PRAKATA.doc Download (35kB) |
|
Text
x. - xv Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran.doc Download (38kB) |
|
Text
Isi Skripsi.doc Download (237kB) |
|
Text
Lampiran Skripsi Siklus 1 pertemuan II.doc Download (209kB) |
|
Text
Lampiran Skripsi Siklus I pertemuan 1.doc Download (193kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.doc Download (405kB) |
Abstract
Aminah Rahim, 2016. Penerapan Metode Demostrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas II SD Inpres Bira I Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Nurhaedah, M.Si. dan Khaerunnisa, S.PdI., M.A. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makasssr. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya daya serap siswa dalam mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas II SD Inpres Bira I Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar? Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II di SD Inpres Bira I Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri dari 1 orang guru dan 32 orang siswa yang terdiri dari siswa perempuan sebanyak 16 orang dan siswa laki-laki sebanyak 16 orang. Fokus penelitian ini adalah proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas II Sekolah Dasar Inpres Bira I Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Hal ini terlihat dari hasil observasi guru dan siswa yang mengalami perkembangan disetiap siklus. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II berada pada kategori baik. Selain itu, dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang dan pada siklus II berada pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas II SD Inpres Bira I Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 03:41 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 03:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34711 |
Actions (login required)
View Item |