IKRAMULLAH (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 187 MANU-MANU KECAMATAN LILIRILAU KABUPATEN SOPPENG.
Text
1.SAMPUL SKRIPSI.doc Download (97kB) |
|
Text
2.SKIRIPSI RANGKUM.docx Download (183kB) |
|
Text
3.LAMPIRAN SKIRIPSI.docx Download (317kB) |
|
Text
4.DOKUMENTASI PENELITIAN.docx Download (1MB) |
|
Text
5.RIWAYAT HIDUP.docx Download (202kB) |
Abstract
Ikramullah, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 187 Manu-Manu Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Skripsi dibimbing oleh Andi Dewi Riang Tati, S.Pd, M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I, M.A. Program Studi Penddikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN 187 Manu-Manu Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 187 Manu-Manu Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng? Tujuan penelitian yaitu untuk y5t87`mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 187 Manu-Manu Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian berupa penelitian tindakan kelas dengan alur kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian terdiri dari penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan peningkatan hasil belajar IPS. Setting penelitian bertempat di SDN 187 Manu-Manu Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng dengan subjek penelitian terdiri dari 1 0rang guru dan 20 0rang siswa. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) meningkatkan aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar. Aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari skor hasil belajar siswa setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup dan belum tuntas, namun mengalami peningkatan pada siklus II yaitu berada pada kategori baik dan telah tuntas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 187 Manu-Manu Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 03:33 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 03:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34710 |
Actions (login required)
View Item |