Hj. JULAEHA (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD INPRES LAE – LAE II KOTA MAKASSAR.
Text
SAMPUL SKRIPSI.docx Download (21kB) |
|
Text
MOTO DAN PERUNTUKAN.docx Download (13kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN,ABSTRAK & PRAKATA.doc Download (65kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.doc Download (33kB) |
|
Text
BAB I,II & III SKRIPSI.doc Download (174kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.docx Download (17kB) |
|
Text
DATA HASIL OBSERVASI GR & SISWA SIKLUS I.docx Download (21kB) |
|
Text
DATA HASIL OBSERVASI GURU & SISWA SIKLUS II.docx Download (19kB) |
Abstract
Hj.Julaeha, 2016, Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Pelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Inpres Lae-Lae II Kota Makassar. Skripsi dibimbing Drs. Lutfi B, M.Kes. dan Dra.Hj. Amrah,M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPA pada siswa kelas III SD Inpres Lae-Lae II Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penilitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran kontekstual pada pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Lae-Lae II Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual pada pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar Siswa kelas III SD Inpres Lae-Lae II Kota Makassar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan pembelajaran kontekstual pada pelajaran IPA dan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Lae-Lae II Kota Makassar.Setting penelitian dilaksanakan di SD Inpres Lae-Lae II Kota Makassar dengan subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas III. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas mengajar guru pada siklus I hanya 76,2% berada pada kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi 90% berada pada kategori baik begitu pula dengan aktivitas belajar siswa pada siklus I hanya 76%berada pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II 85,7% berada pada kategori baik (Tuntas) sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu : siklus I hanya 77% berada pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 83,5% pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui penerapan pembelajaran kontekstual pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Inpres Lae-Lae II Kota Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 02:59 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 02:59 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34707 |
Actions (login required)
View Item |