RAHMAWATI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARANIPS SISWA KELAS IV SDI NO 147 BULO-BULO TOA KECAMATAN BONTORAMBA KABUPATEN JENEPONTO.
Text
. Halaman depan.docx Download (104kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (22kB) |
|
Text
.BAB I.docx Download (35kB) |
|
Text
.BAB II.docx Download (66kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17kB) |
|
Text
.Lampiran-Lampiran.docx Download (1MB) |
|
Text
.Riwayat Hidup.docx Download (34kB) |
Abstract
Rahmawati, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDI No 147 Bulo-Bulo Toa Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Skripsi. dibimbing oleh. Dr. Latang, M. Pd dan Nurhaedah, S. Pd, M. Pd Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDI No 147 Bulo-Bulo Toa Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDI No 147 Bulo-Bulo Toa Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Role Playing untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SDI No 147 Bulo-Bulo Toa Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Fokus penelitiannya yaitu mengkaji penerapan model Role Playing dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan seluruh siswa kelas IV SDI No 147 Bulo-Bulo Toa Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto yang berjumlah 20 siswa, dengan rincian 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan yang aktif dan terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Berdasarkan hal tersebut, nilai tes hasil belajar siswa meningkat dari siklus I berada pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi kategori baik. Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan ini bahwa penerapan model pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV S SDI No 147 Bulo-Bulo Toa Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 01:41 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 01:41 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34697 |
Actions (login required)
View Item |