PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NPRES TAPPANJENG KABUPATEN BANTAENG

AFINI ISTIQAMAH (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NPRES TAPPANJENG KABUPATEN BANTAENG.

[img] Text
bAGIAN DEPAN2.docx

Download (60kB)
[img] Other
DAFTAR ISI AFI.exe

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (26kB)
[img] Other
[3] SILABUS IPA.exe

Download (184kB)
[img] Text
Lampiran - lampiran.docx

Download (91kB)

Abstract

Afini Istiqamah 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Inpres Tappanjeng Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Erma Suryani S, M.Si dan Farida Febrianti, SS.,M.Si pada program studi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD Inpres Tappanjeng Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 27 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif serta dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui tes tertulis dan observasi hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Inkuiri pada mata pelajaran IPA materi pengaruh gaya dan gerak berhasil meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan teknik kategori standar dengan skor rata-rata pada siklus I masuk pada kategori cukup dan pada siklus II masuk pada kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa setelah menerapkan pembelajaran inkuiri mengalami peningkatan dalam berdiskusi untuk mengabil kesimpulan dengan menggunakan kata-katanya sendiri. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa .

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 21 Nov 2023 01:42
Last Modified: 21 Nov 2023 01:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34686

Actions (login required)

View Item View Item