PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VA SD HANG TUAH KOTA MAKASSAR

BEATRISDA EFFI GUNIARTI (2023) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VA SD HANG TUAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Beatrisda Effi Guniarti - 1447046098.docx

Download (9MB)

Abstract

Beatrisda Effi Guniarti. 2016. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas VA SD Hang Tuah Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Djohara Nonci, M.Si dan Hamzah Pagarra, S.Kom., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas VA SD Hang Tuah Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VA SD Hang Tuah Kota Makassar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah jika pendekatan matematika realistik dilaksanakan pada mata pelajaran matematika, maka hasil belajar siswa kelas VA SD Hang Tuah Kota Makassar meningkat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan pendekatan matematika realistik dan hasil belajar siswa. Pelaksanaan kegiatan ini, peneliti bertindak sebagai guru yang mengajar dan guru bertindak sebagai observer. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil observasi guru pada siklus I berada pada kategori cukup (C) dan siklus II pertemuan I berada pada kategori baik (B). Adapun hasil observasi siswa siklus I berada pada kategori kurang (K) sedangkan siklus II berada pada kategori baik (B). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika berada pada kategori cukup (C) dan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik (SB). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas VA SD Hang Tuah Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:04
Last Modified: 20 Nov 2023 02:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34677

Actions (login required)

View Item View Item