PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD HANG TUAH KOTA MAKASSAR

DARMI DARWIS (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD HANG TUAH KOTA MAKASSAR.

[img] Text
Darmi Darwis - 1447046097.docx

Download (3MB)

Abstract

DARMI DARWIS. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Hang Tuah Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing Oleh : Dra. Hj. Johara Nonci, M. Si. Dan Hamzah Pagarra, S. Kom. M. Pd. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SD Hang Tuah Kota Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Hang Tuah Kota Makassar. Tujuan Penelitian ini yaitu : untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbereds Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SD Hang Tuah Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : Hasil belajar Matematika dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siklus pertama berada pada kategori cukup. Dan pada siklus kedua berada pada kategori sangat baik. Aktivitas belajar siswa kelas IV SD Hang tuah Kota Makassar dari siklus pertama ke siklus kedua mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran matematika, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Hang Tuah Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 20 Nov 2023 01:40
Last Modified: 20 Nov 2023 01:40
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34675

Actions (login required)

View Item View Item