PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 149 AMESSANGENG KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG

RINI YULIANA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 149 AMESSANGENG KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG.

[img] Text
SKRIPSIKU.doc

Download (5MB)

Abstract

RINI YULIANA. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Negeri 149 Amessangeng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Skripsi. Di bimbing oleh Dr. Andi Makkasau, M. Si dan Dr. Wahira, M.Pd pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 149 Amessangeng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dan apakah dengan penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 149 Amessangeng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng?. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And picture dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 149 Amessangeng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di kelas IV SD Negeri 149 Amessangeng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Research) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan. Fokus penelitin ini adalah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 149 Amessangeng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Jumlah siswa 12 orang, terdiri dari 5 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Begitu pula dengan aktivitas siswa, pada siklus I dikategorikan kurang, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi kategori baik. Hal ini terbukti dari nilai tes hasil belajar siswa pada siklus I berada pada kategori kurang, sedangkan pada siklus II berada pada kategori baik. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 149 Amessangeng Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:38
Last Modified: 16 Nov 2023 06:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34656

Actions (login required)

View Item View Item