PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 62 ULO KABUPATEN PINRANG

RESKY. B (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SDN 62 ULO KABUPATEN PINRANG.

[img] Text
2. HALAMAN JUDUL.docx

Download (711kB)
[img] Text
3. SKRIPSI.docx

Download (3MB)

Abstract

Resky. B, 2014. Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah (Problem Solving) Pada Mata Pelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 62 Ulo Kabupaten Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Patta Bundu, M.Ed. dan Muhammad Irfan, S.Pd., M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar murid kelas V SDN 62 Ulo Kabupaten Pinrang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 62 Ulo Kabupaten Pinrang?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) dalam meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SDN 62 Ulo Kabupaten Pinrang pada mata pelajaran matematika. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersiklus yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) dan hasil belajar matematika. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 62 Ulo kabupaten Pinrang dengan jumlah murid 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada siklus I berada pada kategori cukup, pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Selain itu peningkatan hasil belajar terlihat pada hasil belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas V SDN 62 Ulo Kabupaten Pinrang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:30
Last Modified: 16 Nov 2023 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34655

Actions (login required)

View Item View Item