Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN 186 Lemahabang Kab. Luwu Utara.

WILASTRI (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN 186 Lemahabang Kab. Luwu Utara.

[img] Text
SAMPUL DEPAN.docx

Download (23kB)
[img] Text
SKRIPSI-WILASTRI.docx

Download (2MB)

Abstract

WILASTRI. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN 186 Lemahabang Kab. Luwu Utara. Skripsi. Dibimbing oleh Dra.Amrah,S.Pd, M.Pd dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 186 Lemahabang Kab. Luwu Utara. Rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 186 Lemahabang Kab. Luwu Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 186 Lemahabang Kab. Luwu Utara. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus disajikan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Fokus penelitian adalah hasil belajar siswa dan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dalam kegiatan pelaksanaan ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru kelas bertindak sebagai fasilitator yang memberikan petunjuk kepada siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus satu hasil belajar matematika siswa kelas IV berada pada kategori Kurang (K) dan pada siklus dua meningkat dan berada pada kategori Baik (B). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 186 Lemahabang Kab. Luwu Utara

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Nov 2023 06:07
Last Modified: 16 Nov 2023 06:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34651

Actions (login required)

View Item View Item