MULIANY ZAINAL (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE RESITASI PADA MURID KELAS IV SD INPRES TAMAMAUNG III KOTA MAKASSAR.
Text
skripsi-AWAL.doc Download (103kB) |
|
Text
skripsiku.doc Download (887kB) |
Abstract
Muliany Zainal. 2011. Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Metode Resitasi pada Murid Kelas IV SD Inpres Tamamaung III Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Nurhikmah H, S.Pd., M.Si. dan Ahmad Syawaluddin, S.Kom., M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang berlangsung dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan serta refleksi. Penelitian ini mengkaji peningkatan hasil belajar IPA murid melalui metode resitasi. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode resitasi dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid kelas IV SD Inpres Tamamaung III Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode resitasi dalam meningkatkan hasil belajar IPA, dan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode resitasi pada murid kelas IV SD. Inpres Tamamaung III Kota Makassar. Subjek penelitian adalah murid kelas IV SD Inpres Tamamaung III, Kota Makassar, sebanyak 37 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan observasi dan tes, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa skor rata – rata hasil belajar murid pada siklus I berada pada kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode resitasi pada mata pelajaran IPA, dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 16 Nov 2023 01:18 |
Last Modified: | 16 Nov 2023 01:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34627 |
Actions (login required)
View Item |