PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 271 APUNDI KECAMATAN TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR

HASPIDAWATI NUR (2023) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 271 APUNDI KECAMATAN TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR.

[img] Text
sampul, abstrak, keaslian skripsi.doc

Download (257kB)
[img] Text
SKRIPSI.doc

Download (13MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (39kB)

Abstract

Haspidawati Nur. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SDN 271 Apundi Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Skripsi. Dibimbing oleh Drs.M.Faisal, M.Pd dan Khaerunnisa, S.Pd.I, MA. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilandasi oleh kenyataan dilapangan bahwa rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan Metode Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA(materi cahaya) pada siswa kelas V di SDN 271 Apundi Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur ?”. Penelitian ini bertujuan untuk “ Meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa dengan menerapkan metode pembelajaran penemuan terbimbing di kelas V SDN 271 Apundi Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Melalui penelitian ini diharapkan guru sekolah dasar memiliki pengetahuan tentang metode pembelajaran penemuan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berdaur ulang (siklus) yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru dan seluruh siswa kelas V SDN 271 Apundi Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur, dengan jumlah siswa 28 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 17 perempuan dengan mata pelajaran IPA pada materi cahaya. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing yang terdiri dari pemberian soal atau masalah kepada siswa, pengembangan data, data processing, verivikasi dan generalisasi yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 271 Apundi Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Hal ini terungkap melalui hasil observasi pada aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama cukup baik, pertemuan kedua mengalami peningkatan dalam kategori baik. Sedangkan pada siklus II pertemuan I dan II mengalami peningkatan dalam kategori sangat baik. Aktivitas mengajar guru juga mengalami perkembangan dari setiap siklus. Siklus I dalam kategori baik, pada siklus II dalam kategori sangat baik. Selain itu, tampak pada hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus ke siklus berikutnya. Siklus I nilai ketuntasan siswa hanya mencapai 43%, pada siklus II mengalami peningkatan yaitu 89%.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 15 Nov 2023 07:14
Last Modified: 15 Nov 2023 07:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34615

Actions (login required)

View Item View Item