PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SD NEGERI 78 PAO KECAMATAN TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO

I R S A N (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID DALAM MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DI KELAS IV SD NEGERI 78 PAO KECAMATAN TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO.

[img] Text
IRSAN-AWAL.doc

Download (84kB)
[img] Text
IRSAN-IPA KOOPERATIF NHT-HB IV I.doc

Download (609kB)

Abstract

Irsan. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Murid Dalam Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas IV SD Negeri 78 Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Makkasau, M.Si. dan Dra. Hj. Syamsiah D., S.Pd, M.Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimanakah peningkatan hasil belajar murid dalam mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas IV SD Negeri 78 Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto? Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar murid dalam mata pelajaran IPA melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas IV SD Negeri 78 Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas berbentuk siklus yang terdiri dari 2 siklus, dan setiap siklus terdiri atas 3 kali pertemuan. Fokus penelitian yaitu pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar IPA. Subjek penelitian adalah guru dan murid kelas IV sebanyak 32 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian, yaitu: hasil belajar murid pada mata pelajaran IPA siklus pertama dalam kategori cukup tetapi belum memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan, karena guru belum menerapkan langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT secara maksimal, kemudian siklus kedua pada kategori baik sekali, telah memenuhi ketuntasan belajar yang diharapkan karena langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe NHT telah diterapkan secara maksimal. Meningkatnya hasil belajar murid didukung oleh peningkatan aktivitas belajar dalam mengikuti pelajaran IPA. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar murid dalam mata pelajaran IPA dapat meningkat melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT di kelas IV SD Negeri 78 Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 14 Nov 2023 05:49
Last Modified: 14 Nov 2023 05:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34596

Actions (login required)

View Item View Item