ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA PERTUNJUKAN TRADISI ANGNGARRA’ PANDANG DI DUSUN TENRO KECAMATAN BUKI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR

SYIFA SALSABILA, NAJWA (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA PERTUNJUKAN TRADISI ANGNGARRA’ PANDANG DI DUSUN TENRO KECAMATAN BUKI KABUPATEN KEPULAUAN SELAYAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Jurnal Najwa - Najwa syifa Salsabila.pdf

Download (629kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian analisis konten yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam pertunjukan tradisi Angngarra’ Pandang serta mendeskripsikan implementasi nilai-nilai pendidikan yang telah diketahui pada perangkat struktur pertunjukan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yakni sutradara, aktor/aktris, dan pelaku yang terlibat dalam proses latihan hingga pementasan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Struktur Pertunjukan Tradisi Angngarra’ Pandang di Dusun Tenro Kecamatan Buki Kabupaten Kepulauan selayar ditemukan melalui struktur dramatik dengan menggunakan teori dari Aristoteles dan Gustaf Freytag yang meliputi tahap awal, tahap pertengahan, dan tahap akhir. (2) Nilai Pendidikan pada Pertunjukan Tradisi Angngarra’ Pandang di Dusun Tenro Kecamatan Buki Kabupaten Kepulauan selayar ditemukannya nilai-nilai pendidikan yang dapat ditanamkan bagi masyarakat Dusun Tenro, diantaranya nilai pendidikan religius, nilai pendidikan moral dan nilai pendidikan sosial budaya. Kata Kunci : Pertunjukan tradisi,Struktur,Nilai Pendidikan, Deskriptif Kualitatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:46
Last Modified: 21 Aug 2024 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34594

Actions (login required)

View Item View Item