PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM BINGKAI BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL

R, Mantasiah and Herman, Herman (2016) PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM BINGKAI BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL. In: Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM 2016, 2 June 2016, Makassar.

[img]
Preview
Text
PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENILITIAN 2016.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tulisan ini bersifat kajian pustaka atau library research. Objek dari tulisan ini yaitu anak usia dini dengan pemberian pendidikan karakter dalam bingkai budaya dan kearifan lokal Sulawesi Selatan. Tulisan ini bertujuan untuk menelaah dan menganalisis konsep pendidikan karaker usia dini dalam bingkai budaya dan kearifan lokal Sulawesi Selatan. Setelah menelaah dan menganalisis teori-teori yang relefan dapat diketahui bahwa pendidikan karakter anak usia dini sangat penting untuk masa depan anak kelak. Sekolah bukan satu-satunya pihak yang berperan dalam pembentukan karakter anak. Peran keluarga dan lingkungan juga sangat penting dan berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak. Penanaman nilai-nilai kebaikan sejak dini akan mempengaruhi karakter anak ke depannya. Nilai-nilai kebaikan yang terdapat pada budaya dan kearifan lokal Sulawesi Selatan dapat diajarkan dan dijadikan salah satu alternatif dalam membentuk karakter anak. Nilai-nilai kearifan lokal Bugis-Makassar yang dapat ditanamkan dan diajarkan pada anak usia dini diantaranya: 1) lempuk (kejujuran), 2) macca (pintar), 3) Assitinajang (kepatutan), 4) getteng (keteguhan), 5) reso (usaha), 6) Siri, 7) barani (keberanian), 8) taro ada taro gau (satunya kata dan perbuatan), 9) sipatuo sipatokkong, 10) abbulo sibatang dan 11) sipakatau (saling memanusiakan). Nilai-nilai budaya dan kearifan lokal tersebut dapat diimplementasikan melalui dua pendekatan yaitu proses intervensi dan pembiasaan. Proses intervensi dikembangkan dan dilaksanakan melalui kegiatan belajar mengajar dan guru selain sebagai pendidik juga sekaligus sebagai sosok panutan. Sedangkan melalui proses pembiasaan atau habituasi, diciptakan dan ditumbuhkan berbagai situasi dan kondisi yang berisi penerapan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal Sulawesi Selatan sehingga memungkinkan anak baik di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakatnya membiasakan diri berperilaku sesuai nilai-nilai tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN ANAK USIA DINI - (S1)
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Mantasiah R
Date Deposited: 28 Dec 2017 00:13
Last Modified: 28 Dec 2017 00:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3459

Actions (login required)

View Item View Item