Efektivitas Model Kooperatif melalui Brain Gym dalam Pembelajaran Matematika Siswa kelas VIII SMPN di kabupaten Jeneponto

KAHABUDDIN, KAHABUDDIN (2016) Efektivitas Model Kooperatif melalui Brain Gym dalam Pembelajaran Matematika Siswa kelas VIII SMPN di kabupaten Jeneponto. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (50kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model Kooperatif dengan gerakan Brain Gym dalam Pembelajaran Matematika Siswa kelas VIII SMPN di kabupaten Jeneponto. Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN di Kabupaten Jeneponto dan sampel yakni kelas VIII.3 SMPN 1 Bontoramba dan kelas VIII.1 SMPN 2 Turatea. Kelas eksperimen yang dipilih menggunakan cara acak sederhana. Data yang dikumpulkan terdiri dari data aktivitas peserta didik dalam tugas kelompok, data hasil belajar, data respons siswa terhadap pembelajaran dan data motivasi belajar siswa. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar tes hasil belajar untuk mengukur kemampuan kognitif, angket respons peserta didik dan lembar observasi motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor keterlaksanaan pembelajaran pada kelas VIII.3 adalah 3,8 (sangat baik) dari 4,0 (skor ideal) dan rata-rata skor keterlaksanaan pembelajaran pada kelas VIII.1 adalah 4,0 (sangat baik) dari 4,0 (skor ideal). Skor rata-rata aktivitas siswa pada kelas VIII.3 adalah 89,3 (skor ideal = 100) berada pada kategori sangat baik dan skor rata-rata aktivitas siswa pada kelas VIII.1 adalah 73,5 (skor ideal = 100) berada pada kategori baik, Kategori respon siswa terhadap model kooperatif dengan gerakan brain gym pada kelas VIII.3 adalah positif (94,21%) dari skor ideal (100%) dan Kategori respon siswa terhadap model kooperatif dengan gerakan brain gym pada kelas VIII.1 adalah positif (94,21%) dari skor ideal (100%), Rata-rata motivasi belajar siswa kelas VIII.3 adalah 93,65 (skor ideal = 100) termasuk dalam kategori sangat tinggi dan Rata-rata motivasi belajar siswa kelas VIII.1 adalah 92,875 (skor ideal = 100) termasuk dalam kategori sangat tinggi, Terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa kelas VIII.3 yaitu rata-rata posttest 75,15 (Std. Deviation = 11,3) dari skor ideal (100) lebih besar daripada pretest (41,75) (Std. Deviation = 8,9) dari skor ideal (100) dan terjadi pula peningkatan hasil belajar pada siswa kelas VIII.1 yaitu rata-rata posttest (75,55) (Std. Deviation = 12,9) dari skor ideal (100) lebih besar daripada pretest (36,35) (Std. Deviation = 8,1) dari skor ideal (100). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan model kooperatif dengan metode brain gym dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN di kabupaten Jeneponto adalah efektif Kata Kunci: Model Pembelajaran kooperatif, brain gym ABSTRACT The study aims at describing the effectiveness of cooperative model using Brain Gym movement in mathematics learning of class VIII students at SMPN in Jeneponto. The tipe of this study is quasi experiment. The populations of the study were all class VIII students at SMPN in Jeneponto district. The samples of the study were class VIII.3 at SMPN 1 Bontoramba and class VIII.1 at SMPN 2 Turatea. The experiment classes were chosen by employing raqndom sampling technique. Data collections consisted of data of students’ activities in group assignment, data of learning result, data of students’ response on learning, and data of students’ motivation. Data were analized using descriptive analysis and inferential analysis. The instruments used were observation sheet on the implementation of kearning, observation sheet of students’ activities, test sheet of learning result to measure cognitive ability, questionnaire of students, and observation sheet of students’ learning motivation. The results of the study reveal that the mean score of the implementation of learning in class VIII.3 is 3,8 (very good) out of 4,0 (ideal score) and the mean score of the implementation of learning of class VIII.1 is 4,0 (very good) out of 4,0 (ideal score). the mean score of students’ activities in class VIII.3 is 89,3 (ideal score = 100) which is in very good category, the mean score of students’ activities in class VIII.1 is 73,5 (ideal score = 100) which is in good category. The category of students’ response on cooperative model using Brai Gym in class VIII.3 is positive (94,21%) out of ideal score (100%), and The category of students’ response on cooperative model using Brai Gym in class VIII.1 is positive (94,21%) out of ideal score (100%).the mean score of learning motivation of class VIII.3 is 93,65 (ideal score = 100), which is in very high category, and the mean score of learning motivation of class VIII.1 is 92,875 (ideal score = 100) which is in very high category. There is improvement of learning result of class VIII.3 that the mean score posttest is 75,15 (Std. Deviation = 8,9) out of the ideal score (100) and there is improvement of learning result of class VIII.1 with the posttest 75,55 (Std. Deviation = 8,1) out of the ideal score (100). Therefore, the conclusion of the study is the implementation of cooperative model using Brain Gym in mathematics learning of class VIII students at SMPN in Jeneponto is effective. Keywords: cooperative learning model, brain gym

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 30 Oct 2017 04:58
Last Modified: 30 Oct 2017 04:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3458

Actions (login required)

View Item View Item