Penerapan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 222 Dannuang Kabupaten Bulukumba

NUR AMALIAH (2023) Penerapan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 222 Dannuang Kabupaten Bulukumba.

[img] Text
ARTIKEL NUR AMALIAH - 1847041011.pdf

Download (948kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas IV SDN 222 Dannuang Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang meliputi 4 tahapan kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) dan hasil belajar matematika siswa. Subjek penelitian terdiri dari 1 guru dan seluruh siswa Kelas IV SDN 222 Dannuang Kabupaten Bulukumba yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran baik dari aktivitas guru maupun aktivitas belajar siswa. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup sedangkan pada siklus II dikategorikan baik. Hasil belajar matematika siswa pada Siklus I dikategorikan cukup sedangkan hasil belajar matematika siswa pada siklus II mengalami peningkatan, yaitu mencapai kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas IV SDN 222 Dannuang Kabupaten Bulukumba. (Received: tgl-bln-thn; Reviewed: tgl-bln-thn; Revised: tgl-bln-thn; Accepted: tgl-bln-thn; Published: tgl-bln-thn) Kata Kunci: Model Pembelajaran SAVI, hasil belajar matematika

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Nov 2023 02:05
Last Modified: 13 Nov 2023 02:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34571

Actions (login required)

View Item View Item