Keefektifan Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Penilaian Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar

Shinta Safitri (2023) Keefektifan Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Penilaian Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar.

[img] Text
ARTIKEL-SHINTA SAFITRI GUNAWAN.pdf

Download (406kB)

Abstract

Shinta Safitri Gunawan, 2022. Keefektifan Pengguanaan Aplikasi Quizizz Sebagai Penilaian Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Widya Karmila Sari Achmad dan Muhammad Faisal). Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang ditemukan di SD Inpres Barombong II yaitu penilaian yang kurang bervariasi. Permasalahan yang ditemukan tersebut membuat penelitian ini memiliki tujuan yaitu, (1) untuk mengetahui gambaran peggunaan aplikasi Quizizz oleh guru pada kelas V SD Inpres Barombong II, (2) untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa kelas V SD Inpres Barombong II setelah menggunakan aplikasi Quizizz, dan (3) untuk mengetahui efektifitas penggunaan aplikasi Quizizz oleh guru pada penilaian pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen bentuk Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar dengan sampel 24 siswa kelas V A dan B. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes melalui aplikasi quizizz, dan angket. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif yang terdiri dari postest kelas eksperimen dan analisis statistik inferensial melakukan uji normalitas data dan uji hipotesis data dngan menggunakan teknik Paired Sample t-Test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi siswa tinggi setelah diberikan treatmen dibuktikan dari hasil data yang ditunjukkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: (1) penggunaan aplikasi quizizz di kelas VB SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar berlangsung baik, sesuai dengan langkah penggunaan aplikasi (2) motivasi belajar siswa setelah menggunakan aplikasi quizizz berada pada kategori tinggi (3) aplikasi quizizz sebagai penilaian efektif digunakan serta memberikan peningkatan terhadap motivasi belajar siswa kelas VB SD Inpres Barombong II Kecamatan Tamalate Kota Makassar. Kata Kunci : Aplikasi Quizizz, Motivasi Belajar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 13 Nov 2023 01:58
Last Modified: 13 Nov 2023 01:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34570

Actions (login required)

View Item View Item