SYARKIAH (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) MURID KELAS IV SDN NOMOR 39 BATULANGGAYA KECAMATANULU ERE KABUPATEN BANTAENG.
Text
1. Daftar2 Syarkiah.doc Download (138kB) |
|
Text
2. Bab 1-3 Syarkiah.doc Download (295kB) |
|
Spreadsheet
5. Hasil Belajar.xls Download (100kB) |
Abstract
SYARKIAH, 2012. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Koperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Murid Kelas IV SDN Nomor 39 Batulanggaya Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Dibimbing oleh Ahmad Syawaluddin, S.Kom. M.Pd. dan Nurhaedah, S.Pd. M.Pd. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengangkat masalah apakah melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar matematika murid kelas IV SDN Nomor 39 Batulanggaya Inpres Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatan hasil belajar murid dalam pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD murid kelas IV SDN Nomor 39 Batulanggaya Inpres Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IV SDN Nomor 39 Batulanggaya Inpres Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng semester dua (genap) tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 18 murid terdiri 10 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pelajaran matematika materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar murid kelas IV SDN Nomor 39 Batulanggaya Kecamatan Ulu Ere Kabupaten Bantaeng. Skor rata-rata hasil belajar matematika pada Siklus I belum tuntas masuk kategori sedang selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi tuntas semuanya dengan rata-rata hasil belajar murid ketegori tinggi. Aktivitas mengajar guru dengan indikator yang diberikan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dari rata cukup menjadi rata-rata baik. Aktivitas belajar murid dengan indikator yang diberikan pada setiap aspek setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan dari rata cukup menjadi rata-rata baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 10 Nov 2023 02:06 |
Last Modified: | 10 Nov 2023 02:06 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34560 |
Actions (login required)
View Item |