PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MURID KELAS III SDN GUNUNG SARI II KOTA MAKASSAR

SITTI HAJRAH (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE PADA MURID KELAS III SDN GUNUNG SARI II KOTA MAKASSAR.

[img] Text
SITTI HAJRAH-AWAL TERAKHIR.doc

Download (84kB)
[img] Text
SITTI HAJRAH-KARANG PICTURE III II.doc

Download (578kB)

Abstract

Sitti Hajrah. 2012. Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture pada Murid Kelas III SDN Gunung Sari II Kota Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Amir, M.Pd. dan Drs. Lutfi B., M.Kes. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis karangan narasi pada murid kelas III SDN Gunung Sari II Kota Makassar. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis karangan narasi melalui pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada murid kelas III SDN Gunung Sari II Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas berbentuk siklus. Subjek penelitian adalah guru kelas III dan murid kelas III sebanyak 32 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah mengetahui peningkatan kemampuan menulis karangan pada siklus pertama dalam kategori cukup dan belum memenuhi ketuntasan belajar yang telah ditentukan, kemudian siklus kedua pada kategori baik dan telah memenuhi ketuntasan belajar yang telah ditentukan. Kesimpulan penelitian adalah kemampuan menulis karangan narasi dapat meningkat melalui pembelajaran kooperatif tipe ficture and ficture pada murid kelas III SDN Gunungsari Baru II Kota Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:58
Last Modified: 10 Nov 2023 01:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34559

Actions (login required)

View Item View Item