PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MURIDKELAS IV SDN 9/25 BANTIMURUNG KECAMATAN TONDONGTALLASA KABUPATEN PANGKEP

NURFAJRI JUFRI (2023) PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MURIDKELAS IV SDN 9/25 BANTIMURUNG KECAMATAN TONDONGTALLASA KABUPATEN PANGKEP.

[img] Text
lembar pengesahan baru.doc

Download (109kB)
[img] Text
SKRIPSIKU (2).docx

Download (3MB)

Abstract

NURFAJRI JUFRI. 2012. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Murid Kelas IV SDN 9/25 Bantimurung Kecamatan Tondongtallasa Kabupaten Pangkep”. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Amrah, S.Pd., M.Pd dan Dra. Hj. Syamsiah D, S.Pd., M.Pd.; Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negri Makassar Penelitian ini diawali dari rendahnya hasil belajar IPS murid kelas IV SDN 9/25 Bantimurung kecamatan Tondongtallasa Kabupaten Pangkep. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Snowball Throwing pada murid kelas IV SDN 9/25 Bantimurung Kecamatan Tondongtallasa Kabupaten Pangkep?Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Snowball Throwing pada murid kelas IV SDN 9/25 Bantimurung Kecamatan Tondongtallasa Kabupaten Pangkep. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus selama dua siklus, dengan alur penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dilihat dari aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar murid serta hasil belajar murid setelah penerapan model pembelajaran Snowball Throwing . Subjek penelitian adalah guru dan murid kelas IV SDN 9/25 Bantimurung Kecamatan Tondongtallasa Kabupaten Pangkep, sebanyak 15 orang yang terdiri dari 10 orang laki – laki dan 5 orang perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan dari hasil analisis data ditemukan bahwa aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I aktivitas guru terkategori baik dan pada siklus II terkategori sangat baik. Demikian pula halnya dengan aktivitas murid mengalami peningkatan pada setiap siklus. Pada siklus I terkategori baik meningkat menjadi terkategori sangat baik pada siklus II. Sementara dilihat dari sisi hasil belajar pada siklus I berada pada kategori baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar murid dan aktivitas mengajar guru yang menyebabkan terjadinya peningkatan hasil belajar IPS murid kelas IV SDN 9/25 Bantimurung Kecamatan Tondongtallasa Kabupaten Pangkep melalui model pembelajaran Snowball Throwing.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:24
Last Modified: 06 Nov 2023 03:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34536

Actions (login required)

View Item View Item