PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN IPATERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES JAPING KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN GOWA

DIFFA NUR FAISYA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN IPATERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES JAPING KECAMATAN PATTALLASSANG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
JURNAL_DIFFA_NUR_AISYA 1.pdf

Download (636kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kualitatif yang bertujuan yaitu 1) untuk mengetahui gambaran penggunaan video pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Inpres Japing kecamatan Pattallassang kabupaten Gowa. 2) untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa kelas V SD Inpres Japing kecamatan Pattallassang kabupaten Gowa, 3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media video pembelajaran IPA terhadap minat belajar siswa kelas V SD Inpres Japing kecamatan Pattallassang kabupaten Gowa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan video pembelajaran dan variable terikat pada penelitian ini adalah minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Inpres Japing kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa pada tahun ajaran 2023/2024. Sedangkan sampelnya adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen sebanyak 28 siswa dan VB sebagai kelas control sebanyak 27 siswa. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket sebelum dan setelah dilakukan treatment untuk mengukur minat belajar siswa serta lembar observasi untuk mengukur sejauh mana keterlaksanaan penggunaan video pembelajaran IPA. Teknik analisis data yaitu analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial. Kesimpulan dalam penelititan ini adalah; 1) penggunaan video pembelajaran IPA di kelas V SD Inpres Japing Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa dinyatakan memberikan pengaruh positif terbukti dengan lembar keterlaksanaan pembelajaran di setiap pertemuan mengalami peningkatan dari kategori cukup efektif menjadi sangat efektif, 2) Minat belajar siswa sebelum diberikan treatment berada pada kategori kurang berminat, dan setelah diberikan treatment berupa penggunaan video pembelajaran IPA maka minat belajar siswa meningkat dengan rata-rata berada pada kategori berminat, 3) Terdapat pengaruh penggunaan video pembelajaran IPA terhadap minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan video pembelajaran IPA dan kelas kontrol yang tidak menggunakan video pembelajaran IPA. Kata Kunci: Video pembelajaran, minat belajar, siswa

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 03 Nov 2023 08:16
Last Modified: 03 Nov 2023 08:16
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/34529

Actions (login required)

View Item View Item